Workshop SEO Blogging

Selamat Sore. Setelah sekian lama gak menulis akhirnya kembali lagi bersama tulisan saya yang absurd ini hehe. Kali ini saya ingin membahas tentang SEO (Search Engine Optimization). Materi SEO ini disampaikan saat saya mengikuti workshop dari blogger perempuan tentang SEO for blog content. Tema yang cukup menarik dan hal penting untuk diketahui para blogger pemula termasuk saya hehe. Workshop dilaksakan pada hari Sabtu tanggal 3 Maret 2018 di Plaza Kuningan Jakarta.

Acaranya berlangsung seru dan menarik. Permateri acara ini yaitu mba Nunik Utami seorang blogger yang sudah menerbitkan 58 buku, ratusan cerpen, dan ribuan artikel. Lebih lengkap tentang mbak Nunik bisa anda lihat disini . Acara ini juga dihadiri oleh blogger blogger perempuan yang ingin mengetahui lebih banyak tentang SEO untuk blog content.

Sedikit saya ulas tentang hasil workshop SEO kemarin barangkali ada diantara teman-teman yang juga berminat untuk ngeblog dan ingin tahu tentang SEO. Saya pun masih belajar banyak tentang blogging tetapi tak ada salahnya untuk sharing tentang blogging barangkali sedikit hal yang saya tahu ini bisa bermanfaat untuk teman-teman.

Sebelumnya sudahkah teman-teman mendengar istilah tentang SEO ? SEO adalah teknik untuk membuat blog atau situs berada pada pencarian nomor satu / teratas di search engine dengan menggunakan kata kunci yang ditarget.

Seringkali sebagai blogger pemula kita tidak terlalu memperhatikan tentang SEO untuk artikel yang ditulis. Begitupun dengan saya hehe. Menulis tanpa memikirkan ada yang membaca atau tidak yang penting bagi saya menulis adalah salah satu bentuk investasi untuk sesuatu yang bermanfaat yang barangkali dibutuhkan oleh pembaca dan sebagai bagian dari hobby. Namun jika kita ingin tahu lebih dalam tentang blogging ada banyak istilah yang perlu kita ketahui agar blog kita tak hanya bagus secara visual maupun isi, tetapi ada hal lain yang bisa menunjang blog agar pembaca mudah mencari dalam situs pencarian, me-monetize blog agar terdaftar di google adsense, dan lain-lain.

Untuk membuat konten SEO hal yang patut diperhatikan yaitu :

1. Menulis artikel dengan gaya tulisan sendiri, unik, tidak copy paste, menarik, berbeda, dan bisa memberikan manfaat untuk pembaca. Jumlah artikel minimal 300 kata untuk maksimalnya bisa 500-1000.

2. Memilih tema yang tepat untuk artikel, tema yang dipilih bisa dari berita yang sedang popular, sesuatu yang dialami (catatan perjalanan, catatan harian), opini.

3. Cari keyword yang tepat.

Keyword penting untuk pembaca agar mudah mencari artikel yang tepat sesuai dengan tujuan yang dicari. Ada beberapa jenis keyword yang perlu diketahui yaitu short tail keyword, long tail keyword contoh short tail keyword kacamata lalu long tail keyword nya kacamata minus. Short tail hanya satu kata kunci namun long tail menggambarkan short tail yang lebih spesifik. Ada pula istilah yang disebut Latent Semantic Index (LSI) yaitu persamaan kata atau kalimat yang terindeks Google. Maksudnya adalah misal nice blog anda tentang handphone maka search engine akan menghubungkan blog dengan hal yang berkaitan dengan handphone misal : iphone, oppo, samsung, LG , bukan acer (laptop). Keyword semantik contohnya jika menuliskan kata susu ibu hamil, maka keyword semantik yang dibuat ada 3 kata dari kalimat tersebut yang berhubungan. Ada kata susu, ibu, hamil. Contoh keyword semantik dari susu ibu hamil yaitu nutrisi ibu hamil, nutrisi ibu menyusui, susu ibu menyusui. Dalam mencari keyword dengan mudah mungkin biasanya anda sering menggunakan google auto complete, namun seringkali butuh waktu agak lama saat menggunakannya namun kini ada website untuk mencari keyword dengan lebih mudah dan cepat yaitu dengan masuk ke web KeywordTool.io .

Dalam membuat artikel ada 5 hal yang harus ada yaitu :
1. Pembuka
2. Pengalaman
3. Informasi
4. Pengalaman
5. Tips

Dalam membuat judul yang baik dan benar yaitu :
1. Judul harus mengandung keyword
2. Pilih kata-kata menarik

Untuk subtitle pada blog pilih heading 3

Internal link lebih banyak daripada eksternal link. Apa itu internal dan eksternal link? Internal link adalah link yang mengarah ke website kita. Misalnya saya membuat artikel tentang kimia saya menulis tentang air keras lalu sebelumnya saya pernah membuat artikel tentang racun vx kim jong nam. Maka ketika saya mempublish tentang artikel air keras, saya bisa cantumkan link menuju artikel saya sebelumnya yang berhubungan dengan kimia, biasanya ditandai dengan kalimat baca juga : racun vx kim jong nam. Sedangkan eksternal link yaitu link yang mengarah ke website lain agar pengunjung mengunjungi link website yang tertera. Lebih baik jika eksternal link sesedikit mungkin. Eksternal link lebih baik diletakkan bawah artikel agar tidak mengganggu tulisan.

Tips untuk memberi foto yaitu foto harus original atau milik sendiri, jika mengambil foto dari web lain disertakan sumber rename (keyword, nama blog), ambil dari web gratis tanpa lisensi. Foto jangan terlalu besar lebih baik foto dengan ukuran 600 x 600 pixel.

Metadescription : membuat ringkasan kata sebanyak 156 karakter dan mengandung keyword.

Dalam penulisan sebaiknya menggunakan ejaan bahasa Indonesia yang benar sesuai dengan KBBI, anda bisa search di web kbbi online yaitu http://kbbi.kemendikbud.go.id/

Untuk mengaktifkan Seo di blog panduan ini hanya untuk wordpress, saya kurang paham untuk blogspot. Langkah pertama yaitu klik dashboard –> plugin—> installed plugin —-> yoast seo dan activate.

Jika sudah aktif saat menulis di page baru akan muncul yoast seo dan masukkan kata kunci nya.

Contoh dari bagian-bagian penting secara keseluruhan untuk membuat artikel misalnya :

Tema : pengelolaan sampah kardus
Keyword : utama : sampah, kreatif
Longtail : tips mengelola sampah kardus
Semantik : mengelola sampah kardus jadi lebih bermanfaat, sampah kardus kreatif, guna sampah kardus, daur ulang sampah kardus

Judul : 7 tips pengelolaan sampah kardus kreatif

Outline :
1. Sampah dan jenisnya
2. manfaat sampah kardus
3. Olahan sampah kardus yang lucu
4. Bisnis sampah kardus
5. Penutup

Materi selesai. Semoga bermanfaat yaa.

Btw acara seminar blogger perempuan network tentang SEO ini seru dan asyik banget. Saat latihan ada 3 pemenang yang menyelesaikan tugas terbaik yaitu membuat tema, keyword, longtail, judul, dan semantik. Ini dia jepretannya:

Saatnya peserta dan permateri berfoto bersama

Setelah mengikuti rangkaian seminar peserta diberikan konsumsi yang dipersembahkan oleh Dill in the box Sate Abang Pancoran rasa nya sangat enak dan bumbunya pas. Pokoknya recommended banget Menunya juga variatif dan bikin nagih. Gak rugi deh ikut seminar blogger perempuan network ini.

Terima Kasih Sudah Membaca 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *