Kelas karyawan kenapa tidak?

Apa yang ada di benakmu dengan sebutan kelas karyawan? Kelas malam? Kelas Sabtu-minggu? Kelas nya para karyawan yang sibuk? Kelasnya bapak-bapak dan ibu-ibu yang tak pantang menyerah menuntut ilmu?

Pastinya banyak hal yang ada di kepala mu tentang satu pernyataan itu.

I just share my thought as a student employee dan mungkin beberapa di antara kamu pernah mengalaminya atau mungkin sedang mengalaminya. Saya juga tiba-tiba terfikir untuk menulis ini dan mengalir gitu aja hehe.

Sebagai seorang karyawan dan mahasiswa seringkali kamu dihadapkan pilihan, hanya fokus kuliah saja atau kerja saja atau mungkin kamu akan memilih keduanya. Well, kerja sambil kuliah itu Gak gampang banyak hal yang kamu korbankan untuk sebuah title. Tapi sebenarnya tantangannya lebih berat saat kamu lakukan keduanya. Bukan hal yang mudah fokus di dua hal yang keduanya sama-sama menuntut fokus yang lebih. Bukan hal yang mudah saat deadline di kantor namun berbenturan dengan jadwal kuliah. Bukan hal yang mudah untuk seorang ibu atau ayah yang juga seorang pekerja dan mahasiswa menjalani tiga peran sekaligus. Bukan hal yang mudah untuk ibu-ibu hamil yang masih memprioritaskan kuliahnya dibanding rasa sakit yang dideritanya, Bukan hal yang mudah menyisihkan gaji demi dapat terus melanjutkan kuliah, bukan hal yang mudah mengorbankan waktu dari teman-teman dan keluarga untuk tetap memprioritaskan waktu kuliah, bukan hal yang mudah bagi seorang anak rantau yang harus berjuang di tanah rantau dan melanjutkan kuliah juga.

But those are the Facts that i’ve found here dan hal itu yang akhirnya membuat saya selalu berfikir yang sudah memiliki banyak tanggung jawab dan usianya yang jauh lebih tua dari saya masih sangat semangat untuk menuntut ilmu, semangat mendengarkan apa yang dikatakan dosen, semangat mencatat, semangat untuk meraih gelar walaupun usia tak bisa lagi  dikatakan muda.

Ketika saya melihat teman saya yang sedang hamil dan dengan penuh semangat mengerjakan soal ujian dan sangat semangat untuk kuliah, saya berkaca pada diri sendiri malu rasanya, semangat saya masih belum ada apa-apanya dibanding teman-teman yang lain.

Walaupun sebenarnya masih banyak juga anak-anak muda yang juga masih semangat tapi hal-hal diatas bisa menjadi penyemangat saat dihinggapi lelahnya belajar, up and down-nya skripsi dan mengerjakan tugas-tugas, mungkin bisa mengubah the way of thinking. Ketika ingin mengeluh mungkin ada baiknya melihat rekan-rekan seperjuangan yang punya tanggung jawab lebih tapi tak pernah mengeluh dengan apa yang dikerjakannya. Semua dilakukan dengan Happy dan semua bisa dilakukan asal mampu membagi prioritas.

Beruntunglah kalian yang bisa fokus kuliah saja, bukan kami iri. Bukan. Tetapi dengan kalian fokus kalian bisa lebih semangat daripada kami, kalian bisa lebih punya banyak waktu untuk fokus belajar dan mengembangkan diri.

Saya percaya setiap orang memiliki jalannya masing-masing. Rezeki setiap orang berbeda-beda. Mungkin beberapa di antara kamu mengalami hal yang sama seperti saya, diterima di diploma 3 lalu bekerja sambil melanjutkan kuliah atau mungkin saat kamu lulus SMA/SMK kamu harus kuliah sambil bekerja atau mungkin kamu yang sedang melanjutkan studi S2 atau S3 sambil bekerja juga.

Semua ada tantangannya masing-masing dan ada yang jalannya lurus saja namun ada yang harus berbelok baru bertemu jalan yang lurus, atau malah berbelok-belok dulu hingga jauh baru bertemu jalan yang lurus.

Menghargai waktu dan disiplin mungkin menjadi resep yang sangat penting dalam mengatur waktu dengan menjalani beberapa peran sekaligus. Dengan sulitnya mencari uang demi menyambung hidup, dan kuliahmu tetap jalan membuatmu harus mampu mengatur uang dan menghargai jerih payah mu dan perjuangan orang tuamu saat membiayai sekolahmu. Kerasnya kehidupan akan mampu ditaklukan dengan tekad yang kuat.

good thing takes time

Bagaimana dengan ceritamu? Apakah kamu juga seorang student employee? Atau mungkin kamu punya pemikiran yang berbeda ? Share di kolom komentar ya.

Terima kasih sudah membaca 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *