10 Tips Hemat Generasi Millenial Puasa dan Lebaran

Sumber : http://harianriau.co/news/detail/11155/trik-hemat-jaga-hati-dan-kantong-di-bulan-puasa

Beberapa hari lagi kita akan menuju bulan ramadhan. Pastinya sudah banyak persiapan yang dilakukan untuk menyambut bulan yang penuh barokah dan dinanti oleh seluruh umat muslim di dunia. Bulan yang paling spesial yang tidak akan kita dapatkan di bulan lainnya. Sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Well, sebelum puasa dan lebaran ada baiknya sobat perlu jeli mengatur keuangan. Harga kebutuhan pokok dan lainnya sering melonjak naik saat bulan puasa dan menjelang lebaran. Pastinya gak mau dong kantong jadi bolong dan kosong.

Yuk simak beberapa tips hemat menjelang puasa dan lebaran :

1. Hitung Budget

Penting banget menghitung kebutuhan sebelum datangnya bulan puasa pastinya akan banyak biaya tak terduga seperti buka puasa bareng teman SD, SMP, SMA, kuliah, kerja, keluarga besar, pacar, dan lainnya. Buat anggaran biaya tak terduga yang cukup banyak untuk di bulan puasa ini. Pengeluaran untuk bukber kadang bisa berkali-kali lipat, dan sebaiknya agak dibatasi untuk hal ini. Pengeluaran di bulan puasa tetap sama di bulan sebelumnya, namun biaya untuk keperluan lain sementara bisa di press dan dialihkan untuk biaya tak terduga, akan lebih baik jika sisanya bisa disisihkan untuk keperluan lebaran. Tetap kontrol pengeluaran agar tak lebih besar pasak daripada tiang.

2.  Buka Puasa di Rumah atau Masjid Terdekat

Saat buka puasa di restaurant terkadang terlihat lebih menggiurkan, memang benar. Tapi tak perlu setiap hari, bisa berhemat dengan buka puasa di rumah atau masjid terdekat, jika di perjalanan mengharuskan untuk buka puasa di luar pastikan keuanganmu tetap aman dan terkendali. Cemilan untuk membatalkan puasa bisa di beli di luar  atau jika perlu bawa sendiri dari rumah.  Hal positif lainnya jika berbuka puasa di rumah lebih higienis dan jauh dari bahan berbahaya karena kita bisa mengetahui langsung cara pengolahannya dan adanya rasa cinta yang terkandung dalam masakan tersebut 🙂

3.  Belanja kebutuhan langsung untuk satu bulan

Harga bahan makanan pokok seringkali melonjak tak terkendali. Oleh karena itu, penting untuk kamu belanja keperluan untuk satu bulan ke depan yang awet dan dengan harga yang masih cenderung murah, selain itu hal ini bisa berdampak efektif untuk pembelanjaan dan menyehatkan keuanganmu.

4.  Membuat daftar menu

Cara ini cukup efektif untuk mengatur strategi keuangan, dengan adanya jadwal menu bisa menghitung estimasi jumlah keuangan yang dikeluarkan dan jumlah yang dibutuhkan. Selain itu, dengan adanya persiapan jadwal menu membuat menjadi lebih variatif dan tidak bosan.

5.  Membeli makanan jadi

Untuk kamu yang mungkin ngekos dan hanya untuk keperluanmu sendiri, membeli makanan bisa menghemat pengeluaranmu, namun jika untuk satu keluarga memasak makanan bisa lebih hemat. Saat harga melonjak kebutuhan seperti gas, minyak, dan kebutuhan dapur lainnya menjadi lebih mahal jika hanya dalam jumlah sedikit, hal ini bisa menghemat pengeluaranmu.

6.  Pakai Uang Tunai

Berbelanja dengan kartu kredit seringkali membuat lupa diri. Anggapan uang masih banyak di ATM pun sering membuat lupa dan menjadi lebih boros. Kadang hal ini menimbulkan untuk mendahulukan keinginan daripada kebutuhan. So, dengan menggunakan uang tunai kamu bisa menjadi lebih hemat dan lebih cermat dalam berbelanja dengan mendahulukan kebutuhan daripada keinginan semata.

7. Manfaatkan diskon

Saat bulan ramadhan terkadang ada toko-toko yang juga berlomba-lomba untuk memberikan diskon, baik untuk kebutuhan pokok, kue, sirup, dan lainnya. Kamu bisa memilih toko yang menawarkan harga termurah sehingga pengeluaranmu bisa lebih hemat.

8. Sisihkan uang THR, mudik, dan Zakat fitrah

Saat Idul Fitri selain bermaaf-maafan budaya bagi-bagi THR dan mudik ke kampung halaman seringkali menjadi satu bagian yang tak terpisahkan. Ini sangat penting dalam perencanaan mengatur strategi keuangan. Sisihkan uang THR, mudik, dan zakat fitrah jauh-jauh hari dan dipisahkan dari kebutuhan lainnya. Berbagi sesuai kemampuan dan berbagi kebahagiaan.

9.  Pakailah pakaian yang baik

Saat lebaran identik dengan menggunakan baju baru, bukan hal yang salah sebenarnya. Jika mampu dan sesuai budget bisa membeli baju baru, namun jika budget tidak ada tak perlu dipaksakan.

10.  Jangan habiskan anggaran belanja, sisihkan dana darurat

Terkadang ada hal-hal di luar dugaan yang terjadi tanpa diduga sebelumnya. Penting untuk tetap menyisihkan pengeluaran untuk dana darurat.

Intinya dengan budgeting yang tepat kita bisa menghemat pengeluaran dan menghindari hal-hal yang kurang penting. Kewajiban dalam beribadah tetap terjaga, namun pengeluaran pun tetap terjaga. Sejatinya mencari pahala yang sebesar-besarnya lebih penting di bulan penuh ampunan tersebut tanpa mengesampingkan hal yang bersifat materi yang membuat lupa diri.

Semoga Bermanfaat.

Terima kasih sudah membaca 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *