6 Hal yang perlu kamu ketahui tentang air keras

Sumber : http://bepurnama.blogspot.co.id/2013/10/akhir-akhir-ini-di-pemberitaan-nasional.html

Masih ingatkah kasus yang beberapa minggu ini menimpa seorang penyidik KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) Novel Baswedan disiram air keras usai shalat subuh di Masjid? Selain dari kasus Novel Baswedan juga ada beberapa kasus tentang penyiraman air keras salah satunya pada tahun 2013 mahasiswi Binus disiram air keras oleh mantan kekasihnya.

Terlepas dari apapun motifnya itu,

  • Sebenarnya Apa itu air keras?
  • Apa bedanya air keras dengan air lainnya?
  • Mengapa orang yang terkena air keras seringkali menjadi cacat karenanya?
  • Bagaimana bahaya dari air keras ?
  • Adakah manfaat dari air keras?
  • Apa yang harus dilakukan jika terkena air keras?

Mari kita bahas lebih lanjut

1. Definisi Air Keras      

Menurut wikipedia bahasa Indonesia air keras adalah larutan asam kuat yang cukup pekat, namun ada pula definisi yang mengatakan bahwa air keras adalah bahan kimia yang dapat menyebabkan perubahan permanen pada jaringan hidup. Air keras ini bersifat korosif (zat yang menyebabkan korosi (karat) dan juga dapat menyebabkan benda lain hancur dan menimbulkan dampak negatif).

Ada beberapa bahan kimia korosif berdasarkan kelompok utamanya yaitu  asam kuat konsentrasi pekat (Asam sulfat, Asam klorida, Asam Nitrat), basa kuat konsentrasi pekat (Natrium Hidroksida, Kalium Hidroksida), zat pendehidrasi (Asam Sulfat, Asam Asetat glasial, Natrium Hidroksida, Kalsium Oksida), dan zat pengoksidasi (halogen, peroksida, asam nitrat, dan asam kromat). Bahan kimia asam sulfat termasuk kelompok lebih dari satu. biasanya air keras tertuju pada asam sulfat pekat atau asam sulfat yang punya konsentrasi cukup tinggi.

2. Air Keras dengan air lainnya.

 Air keras tentunya berbeda dengan air yang biasa kita gunakan untuk mandi, minum, dan keperluan sehari-hari lainnya. Air keras jika diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai hard water. Namun, hard water menurut wikipedia dalam bahasa Inggris yaitu air sadah, air yang banyak mengandung kandungan mineral yang tinggi yang berasal dari batuan dan kapur yang mengandung kalsium dan magnesium karbonat, yang dalam kadar yang cukup tinggi dapat menyebabkan kerak pada boiler, mengurangi efisiensi panas, dan menyebabkan jumlah pemakaian sabun yang tinggi. So, jangan salah arti air keras dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris ya guys karena sangat berbeda jauh. Dalam bahasa Inggris sering disebut sebagai Corrosive chemicals. 

Asam sulfat pekat ini  berbentuk cair (liquid), tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa, memiliki konsentrasi yang cukup tinggi, mengeluarkan uap yang bahaya jika dihirup, ketika beraksi dengan air menghasilkan panas (eksoterm), memiliki massa jenis yang lebih tinggi daripada air yaitu 1,84 g/mL, konsentrasi asam lebih kental dan padat daripada air.

3.  Mekanisme asam sulfat pekat dalam merusak kulit

Asam sulfat pekat punya sifat yang higroskopik (mampu menyerap air dari udara), jika terkena jaringan tubuh maka efek nya pengerasan bagian kulit yang terkena.  Asam sulfat pekat ini biasanya tidak menembus peredaran darah karena zat tersebut langsung bereaksi dengan bagian tubuh yang terkena. Saat terkena kulit terjadi perubahan pH lokal yang kuat yang bisa mengubah keratin kulit yang menimbulkan pembengkakan pada penyerapan air.

4. Bahaya asam sulfat pekat  

Menurut MSDS (Material Safety Data Sheet) Asam sulfat pekat ini bersifat korosif pada logam dan menyebabkan kulit terbakar yang parah dan kerusakan mata. Ada beberapa gejala/ efek terpenting baik akut ataupun tertunda yaitu mual, muntah, diare, nyeri, iritasi dan korosi, batuk, nafas tersengal, dan yang paling parah resiko kebutaan. Namun, kebutaan permanen terjadi tergantung dari asam yang terpapar, konsentrasi, dan tingkat paparan. Jika terhirup gas yang keluar dari asam pekat tersebut menyebabkan sensasi terbakar, sensasi tercekik, batuk,napas pendek. pada paparan jangka pendek. Namun, pada paparan jangka panjang menyebabkan edema paru dan dalam konsentrasi yang sangat tinggi dapat menyebabkan kematian.

Saya jadi ingat saat praktikum di kuliah, teman saya terkena asam sulfat pekat pada jas laboratoriumnya padahal hanya beberapa tetes tetapi jas lab nya yang terkena asam sulfat pekat tersebut bolong dan seperti bekas terbakar. Serem banget kan.

5. Manfaat air keras    

Dapat digunakan untuk pembersih toilet, pembersih logam, cairan baterai pada automotive, pembuatan pupuk, pembersih lantai atau porselen, penghilang karat pada besi atau baja, kembang api, pemurnian minyak bumi,  pengawetan logam, pelarut bahan kimia, dan reagent laboratorium.

6. Penanganan jika terkena air keras

Segera di bawa ke dokter dan jika terkena kulit ada baiknya di cuci dengan air yang mengalir yang dingin atau hangat dan disabun  minimal 10 menit, jika terkena mata cuci dengan air bersih dingin selama 15-20 menit, jangan menggosok matanya, dan mata ditutup kain kassa steril dan bawa ke rumah sakit.

Air keras bukanlah air biasa yang dengan mudahnya kita gunakan apalagi untuk mencelakai orang lain, penggunaan yang tepat dapat memberikan manfaat yang maksimal untuk kehidupan dunia yang lebih baik. Semakin pintar seseorang terutama dalam memanfaatkan teknologi untuk mencari sumber informasi salah satunya tentang bahan kimia bukanlah hal yang baik jika memiliki niat jahat untuk membuat orang lain menderita. STOP Air keras untuk kejahatan.

Sumber :

Semoga bermanfaat

Terima Kasih sudah membaca 🙂

Baca juga : Racun VX Kim Jong Nam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *