Racun VX Kim Jong Nam

Akhir Februari lalu Kim Jong Nam presiden Korea Utara tewas terkena racun VX. Kematian akibat racun kimia untuk kesekian kalinya terulang kembali, hal ini sering terjadi karena penyalahgunaan bahan kimia yang tidak sesuai dengan peruntukannya. Silent killer pada pembunuhan dengan racun bahan kimia sering tidak diketahui siapa yang melakukannya dan seketika korban meninggal dan diduga akibat racun. Racun VX yang diseka ke wajah dan mata laki-laki berusia 46 tahun ini menyerang syaraf tubuh. Awalnya pembunuh kim jong nam mengira bahwa cairan itu baby oil. Terduga pelaku pembunuhan kim jong nam tersebut adalah Siti Aisyah asal Indonesia dan Doan Ti Huong asal Vietnam.

Fokus yang akan dibahas pada topik kali ini adalah apa sih racun VX ? Dan kenapa kim jong nam tewas setelah diusap racun VX tersebut? Tanya kenapa? check this out! ūüėÄ

Berdasarkan beberapa referensi yang saya dapatkan  dari beberapa sumber. saya mencoba untuk merangkumnya.

VX (Nerve Agent) adalah  Organofosfat yang berbahaya, racun VX ini adalah racun syaraf yang memiliki karakteristik gas tidak berwarna atau cairan tidak berwarna/kuning pucat. Racun VX sangat membahayakan manusia dan dikategorikan sebagai senjata kimia  pemusnah massal. Hanya dengan satu tetes saja sudah dapat memberi gangguan fatal pada sistem syaraf. Racun syaraf kekuatannya 100 kali lebih mematikan dari gas sarin. Gas sarin pernah digunakan oleh anggota kultus hari kiamat Jepang dan mematikan 195 orang dalam serangan kereta bawah tanah Tokyo.  VX memiliki nama kimia yaitu O-ethyl-S-diisopropylaminomethyl methylphosphonotiolate. Berikut adalah struktur kimianya

Bentuk fisiknya tidak berwarna dan tidak berasa. Nah, Racun VXini termasuk dalam klasifikasi senjata kimia. Racun ini bisa masuk melalui pernafasan, mulut, dan kulit, termasuk golongan organofosfat. Mekanisme kerja dari Racun VX ini adalah menghambat penyaluran impuls syaraf dengan cara mengikat kolinesterase (Enzim yang menghidrolisis asetilkolin menjadi kolin dan asam asetat) sehingga tidak terjadi hidrolisis asetilkolin. fyi, asetilkolin adalah neurotransmitter (zat kimia pembawa pesan antar neuron (sel dalam sistem syaraf manusia)) yang terdapat di ujung-ujung syaraf dan otot serta berfungsi meneruskan rangsangan syaraf.  Racun syaraf dalam bentuk cairan tergantung dari kepekatannya dan derajat keracunan dapat menimbulkan kematian dalam beberapa menit sampai jam.

Gejala dan tanda keracunan gas VX ini adalah Salivasi (Pengeluaran cairan dari mulut), Lakrimasi (Pengeluaran cairan dari mata), Urinasi (Pengeluaran urine yang tertampung dalam kantung kemih),  Gangguan pencernaan, Muntah, Miosis (Pupil mengalami konstriksi), kelumpuhan. Cara menghilangkan kontaminasi dengan melepas pakaian korban, cuci kulit/ mandikan dengan banyak air dan jika tersedia air sabun atau larutan pemutih 0,5 %.  Pertolongan pertama bisa dilakukan dengan Atropin, Biperidin, Pralidoksim, Obidoksin, Diazepam, Reactive Skin Decontamination Lotion (RSDL). Tentunya sesuai dengan anjuran yang diberikan dokter.

Hubungan antara negara Malaysia dan Korea Utara ini masih memanas karena kasus ini. Semoga kasus ini segera tuntas ya. Semoga kasus kematian dengan bahan kimia tidak terjadi lagi, sebab bahan kimia akan sangat baik jika digunakan sesuai dengan fungsi dan peruntukannya. Oleh karena itu mengapa orang berilmu haruslah beriman sebab jika hanya berilmu namun tidak beriman ilmu yang ia miliki akan disalahgunakan dan untuk keperluan kejahatan, namun jika beriman dan berilmu maka ia akan mempergunakan ilmunya dengan baik dan memberi manfaat dari ilmu yang dimilikinya untuk tujuan kebaikan.

Cukup sekian. Semoga bermanfaat.

Terima kasih sudah membaca ūüôā

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *