Festival Peduli Sampah Nasional 2017

Sampah sering menjadi permasalahan baik di kota besar maupun pedesaan, semakin pesatnya perkembangan teknologi dan meningkatnya tingkat hidup masyarakat namun wawasan masyarakat tentang persampahan sangat minim sekali. Selain itu kesadaran masyarakat dalam membuang sampah saja sudah berkurang, contoh simpel nya seperti sehabis makan permen asal saja membuangnya tidak pada tempatnya padahal bisa saja disimpan terlebih dahulu lalu dibuang saat ketemu tong sampah. Selain tidak sedap dipandang juga merusak estetika lingkungan itu sendiri.

Definisi Sampah

Sampah menurut WHO (World Health Organization) adalah sesuatu yang tidak digunakan, tidak dipakai, tidak disenangi atau sesuatu yang dibuang yang berasal dari kegiatan manusia yang tidak terjadi dengan sendirinya, sedangkan menurut Undang-Undang Pengelolaan Sampah No 18 Tahun 2008 adalah sisa kegiatan sehari-hari manusia dan atau dari proses alam yang berbentuk padat.

Festival Peduli Sampah Nasional 2017

Banyak diantara kita mungkin tidak mengetahui tentang hari peduli sampah nasional (HPSN) pada tanggal 21 Februari. Tujuan dari HPSN ini ialah menuju Indonesia Bebas Sampah 2020. Isu persampahan di Indonesia sangat butuh aksi nyata dari seluruh lapisan masyarakat, dan diharapkan masyarakat memiliki pengetahuan tentang hal itu. Dilansir dari https://kumparan.com/bebassampah2020/memaknai-hari-peduli-sampah-nasional-21-februari-2017-dengan-aksi-nyata, ada tiga belas isu utama persampahan Indonesia, yaitu :

  1. Melalui pendidikan formal dan informal
  2. Solusi sampah di tanah atau ruang yang tidak semestinya
  3. Upaya pengurangan sampah
  4. Solusi sampah organik
  5. Strategi berkelanjutan
  6. Teknologi tepat guna
  7. Pergerakan dan kegiatan di ruang publik
  8. Penegakkan hukum
  9. Kepemimpinan dan kelembagaan
  10. Solusi di wilayah-wilayah dengan akses terbatas, terpencil, dan terluar
  11. Solusi sampah anorganik
  12. Strategi pembiayaan
  13. Tempat Pemrosesan Akhir (TPA)

Festival Peduli Sampah Nasional (PESAN) 2017   untuk memperingati 2 Abad LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) Kebun Raya Bogor, dilaksanakan pada tanggal 25-26 Februari 2017 untuk Indonesia Bebas Sampah 2020. Pada PESAN ini  limbah padat (contohnya Kain perca, Kulit Pisang, Tali rapia, bungkus permen, busa, dan lain-lain) diolah menjadi berbagai macam bentuk yang menarik seperti boneka, laci, tempat tissue, dompet kecil, hiasan, dan lain-lain. Barang-barang tersebut dapat dipergunakan kembali sehingga menghasilkan nilai jual yang dapat dimanfaatkan kembali menjadi sesuatu yang berguna. Para peserta juga diajarkan  cara untuk menjadikan kreasi limbah padat tersebut menjadi tepat guna.

Berikut adalah jepretan hasil kreasi PESAN :

img_6780

img_6781

img_6789

img_6782

img_6783

Bagaimana seru dan hasilnya pun menarik dan lucu-lucu kan ?

Nah, perlu diketahui ada dua klasifikasi sampah berdasarkan zat kimia di dalamnya yaitu:

  1. Sampah Anorganik : Sampah yang umumnya tidak dapat membusuk (tidak dapat didegradasi oleh bakteri, tidak menimbulkan bau) contoh : Plastik, pecahan gelas, logam/besi
  2. Sampah organik : Sampah yang umumnya dapat membusuk (dapat didegradasi oleh bakteri, menimbulkan bau) contoh : buah-buahan, sisa sayuran, kotoran hewan dan manusia, dan lain sebagainya. Sampah organik ini contohnya sisa sayuran dapat diolah menjadi pupuk kompos, begitu pula dengan kotoran hewan bisa diolah menjadi pupuk kandang.

Jangan lupa saat buang sampah untuk mengklasifikasikan sampah yang akan dibuang supaya memudahkan untuk mengolahnya. Hal yang menarik untuk saya pada event ini saat para peserta mengkreasikan hasil karya mereka, dan pada tanggal 26 Februari kemarin juga ada pembuatan pupuk kompos skala rumah tangga, hanya saja saya berhalangan hadir pada tanggal itu, padahal ini sangat menarik sekali, sebelumnya saat kuliah dulu pernah membuat pupuk kompos saat praktikum tetapi bagi teman-teman yang ingin lihat referensinya untuk video bisa dilihat disini atau di artikel ini .

Menurut saya event seperti ini sangat menarik karena menyadarkan kembali untuk peduli terhadap lingkungan, dan memberikan pengetahuan keterampilan bagi masyarakat awam untuk mengelola sampah agar menjadi sesuatu yang berguna, kesadaran masyarakat untuk hal kecil saja sudah berkurang seperti membuang sampah sembarangan baik di jalan ataupun saat naik mobil masih sering sekali buang sampah melalui kaca mobil padahal bisa kan kalau meletakkan tong sampah kecil untuk di mobil atau minimal simpan dulu sampahnya baru dibuang saat menemukan tempat sampah. Saya sadar kita harus mengubah mindset kita terhadap sampah. Sampah dapat memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi jika kita mampu mengolahnya dan memanfaatkannya dengan baik. Yuk untuk tidak membuang sampah sembarangan mari kita mulai dari diri kita sendiri, bayangkan jika ada 1000 orang yang memiliki fikiran yang sama dengan anda untuk membuang sampah sembarangan maka sampah pun akan menjadi banyak, yuk terapkan 3 R (Reuse, Reduce, Recycle). Perubahan dimulai dari diri kita sendiri dan virus perubahan untuk kebaikan itu akan diikuti oleh orang lain, sehingga terciptalah perubahan, saya percaya kebersihan sebagian dari iman.

Selain itu acara PESAN 2017 ini juga terdapat edu fun games untuk anak-anak mengenal lingkungan, juga terdapat pusteling(perpustakaan elektronik keliling) dari perpustakaan Nasional, test kesehatan, tes tingkat stress, tes HIV AIDS, pameran produk cinta bumi, keterampilan untuk mengolah bahan bekas menjadi barang yang memiliki nilai jual, ekonomis, dan bermanfaat. fyi, untuk pusteling ini keren banget konsepnya jadi asik banget buat kita yang mau jalan-jalan sambil belajar. pusteling itu seperti bis yang didalamnya berisi laptop, buku bacaan, wifi. Selain itu penting juga untuk teman-teman yang ingin akses jurnal internasional jangan lupa sign up atau log in di www.perpusnas.go.id lalu jika punya keanggotan online silahkan langsung log in jika belum silahkan sign up lalu klik opac di situ kita bisa mencari jurnal untuk skripsi, thesis, disertasi, atau untuk tugas kuliah. sangat bermanfaat banget, sayang kalau tidak dimanfaatkan dengan baik 🙂

Berikut adalah foto-foto di pusteling

img_67931

img_6777

Asik dan seru kan pusteling ini, gak cuma jalan-jalan tapi dapat ilmu dan wifi gratis pula hehe.

Tak lupa juga ini jepretan saat para peserta sedang mengelola sampah menjadi “sesuatu”

Check this out !

img_6795

img_6800

img_6801

img_6802

Cukup sekian, dan semoga bermanfaat.

Terima kasih sudah membaca 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *